PENGERTIAN DOMAIN NAME SYSTEM (DNS)





PENGERTIAN DOMAIN NAME SYSTEM (DNS)

Beberapa pengertian mengenai Domain name system adalah sebagai berikut:

1.    Merupakan sistem database yang terdistribusi yang digunakan untuk pencarian nama komputer di jaringan yang menggunakan TCP/IP. DNS mempunyai kelebihan ukuran database yang tidak terbatas dan juga mempunyai performa yang baik.

2.    Merupakan aplikasi pelayanan di internet untuk menterjemahkan domain name ke alamat IP dan juga sebaliknya.

3.  Komputer yang terhubung dan memiliki tanggung jawab memberikan informasi zona nama domain anda, merubah nama domain menjadi alamat IP dan juga memiliki tanggung jawab terhadap distribusi email di mail server yang menyangkut dengan nama domain.

4.   Aplikasi yang membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address pada aplikasi yang terhubung ke Internet seperti web browser atau e-mail. (habibahmadpurba, 2014)



PENGERTIAN DAN FUNGSI NETBIOS 

NetBIOS (Network Basic Input/Output System) adalah sebuah spesifikasi yang dibuat oleh International Business Machine (sebenarnya dibuat oleh Sytek Inc. untuk IBM) dan Microsoft yang mengizinkan aplikasi-aplikasi terdistribusi agar dapat saling mengakses layanan jaringan, tanpa memperhatikan protokol transport yang digunakan.

Fungsi NetBIOS

1.                    Naming Services

        Dipergunakan untuk menyebarkan nama group, user dan komputer ke jaringan. Ia juga bertugas untuk memastikan agar tidak terjadi duplikasi nama.

2.                    DataGram Support

         Menyediakan transmisi tanpa koneksi yang tidak menjamin suksesnya pengiriman paket, besarnya tidak lebih besar dari 512 bytes. Metode datagram ini digunakan oleh naming services.

3.                    Session Support

         Memungkinkan transmisi dimana sebuah virtual circuit session diadakan sedemikian rupa sehingga pengiriman paket dapat dipantau dan dikenali. (BUDI, 2013)

NETBIOS OVER

singkatan dari dalam bahasa inggris adalah (net workbasic input/output syistem)adalah sebua spesifikasi yang di buat oleh international Bussiesmachine (GLORIA182, 2016)
Gateway adalah (gerbang jaringan) sebuah perangkat yang dipakai untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu ataupun lebih jaringan komputer yang memakai protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan komputer bisa diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya tidak sama atau berbeda. Itulah definisi gateway tersebut yang utama. Karena seiring dengan merebaknya dan berkembangnya internet, pengertian gateway sering kali bergeser. Sering sekali pemula menyamakan gateway dengan router yang sebenarnya itu tidaklah benar. (N, 2015)
Pengertian named pipe adalah dasar dari komunikasi antara proses dan DNS buatan microsoft, yaitu LAN Manager.

  Protokol yang Terdapat pada Session Layer

1.      Beberapa protokol dan interface yang terdapat pada layer ini adalah :

a.       NETBIOS ( Netbios Extended User Interface) session interface dan protokol dikembangkan oleh IBM.

b.      PAP ( Printer Access Protocol )  terdapat pada printer postscript untuk akses pada jaringan Apple Talk.

c.       NETBEUI merupakan pengembangan dari Netbios yang digunakan padaproduk Microsoft Networking seperti Windows NT dan LAN.

d.      Network File System (NFS). Dikembangkan oleh Sun Microsystem dan digunakan dengan TCP/IP, sehingga membolehkan akses transparan untuk Unix workstation ke remote ressources.

e.       Structured Query Language (SQL). Dikembangkan oleh IBM, menyediakan cara simple bagi users untuk mendefinisikan kebutuhan informasi mereka pada kedua sistem baik lokal maupun remote.

f.       Remote Procedure Call (RPC) merupakan Client/Server yang luas dan merupakan tool pengalihan bagi pengguna untuk lingkungan yang memiliki layanan yang berbeda. Prosedur dibuat di klien dan dilakukan di server.

g.      X Window. Banyak digunakan oleh intellegent terminals untuk berkomunikas dengan remote (Unix computer) yang memungkinkan mereka untuk beroperasi seolah olah terpasang monitor lokal.

h.      AppleTalk Session Protocol (ASP). Merupakan mekanisme Client/Server yang lain, yang digunakan pada Appletalk client server.

Soal!

1. apa itu DNS
2. Bagaimana fungsi DNS
3. bagaimana fungsi NEtBios
4. apa itu NETBios Over
5. apa itu ASP


Sumber : http://aziz5555.blogspot.co.id/

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »