PENGERTIAN, FUNGSI, MACAM-MACAM, DAN CONTOH MONITORING JARINGAN.


  • Pengertian Monitoring Jaringan Komputer
        Monitoring Jaringan Komputer adalah proses pengumpulan dan melakukan analisis terhadap data-data pada lalu lintas jaringan dengan tujuan memaksimalkan seluruh sumber daya yang dimiliki Jaringan Komputer.

  • Fungsi Monitoring Jaringan  
         Fungsi monitoring jaringan juga dapat membantu jika admin ingin mendesain ulang jaringan yang telah ada. Banyak hal dalam jaringan yang bisa dimonitoring, salah satu diantaranya load traffic jaringan yang lewat pada sebuah router atau interface komputer. Monitoring dapat dilakukan dengan standart SNMP, selain load traffic jaringan, kondisi jaringan pun harus dimonitoring, misalnya status up atau down dari sebuah peralatan jaringan. hal ini dapat dilakukan dengan utilitis ping.

  • Macam-Macam Monitoring Jaringan
a.   Connection Monitoring
                 Connection monitoring adalah teknik monitoring jaringan yang dapat dilakukan dengan melakukan tes ping antara monitoring station dan device target, sehingga dapat  diketahui bila koneksi terputus.
b.   Traffic Monitoring
                Traffic monitoring adalah teknik monitoring jaringan dengan melihat paket aktual dari traffic pada jaringan dan menghasilkan laporan berdasarkan traffic jaringan.

  • Contoh Monitoring Jaringan

1.  NMap            NMap adalah sebuah software security scanner yang dikembangkan oleh Gordon Lyon alias Fyodor Vaskovich yang compatible dengan OS Windows, Linux, Mac OS X, Solaris, BSD dan Amigos OS. N Map tersedia dengan dua versi yaitu versi GUI dan Command line, 
           NMap memiliki fungsi standar layaknya sebuahsecurity scanner: mendeteksi port-port yang terbuka, mengidentifikasi versi OS dan aplikasi yang digunakan untuk menjalankan service, dan lain-lain.

2.  WireShark            Software wireshark memilki beberapa fungsi, yaitu :


• Mampu menganalisa transmisi paket data pada jaringan,• Memonitoring proses koneksi dan transmisi data antar komputer.• Mampu mengetahui isi paket data yang sedang berlalu lintas dalam jaringan komputer tersebut.


3.  Look@LAN            Software ini bisa digunakan pada OS apapun, pengoperasiannya pun cukup mudah, software ini akan menampilakan laporan yang menyatakan keadaan jaringan pada saat itu, dalam bentuk tabel. Beberapa fitur yang dimiliki software ini adalah :


• Mengetahui IP Address, pada komputer jaringan• Mengetahui status konektivitas dengan jaringan• distance• Serta mengetahui sistem operasi yang digunakan oleh komputer pada jaringan  tersebut• Mengetahui hostname, netBIOS name, netBIOS user, SNMP status dan Trap.• Menginformasikan pada komputer server, host yang sedang online/offline.


4.  Angry IP Scanner             IP angry Scanner berfungsi untuk membantu dalam pengelolaan, invostorisasi serta menjaga jaringan agar tetap mampu berjalan dengan baik, melalui alamat IP Address dari setiap komputer yang ada pada jaringan. Selain itu, software ini jugadapat membantu seorang admin jaringan dalam mengawasi error atau trobubleshooting ajringan karena permasalahan pada IP address, bisa juga karena IP address yang conflik. Selain itu, software ini juga mengantisipasi adanya pihak yang tidak bertanggung jawab yang berusaha menyusup pada jaringan seseorang dengan menggunakan IP address yang telah tersedia pada rangenya.


5.  Dude         Sotfware ini memudahkan seorang admin jaringan memonitoring jaringannya, serta mendukung berbagai protokol jaringan, seperti SNMP, ICMP, DNS dan TCP.Berikit ini adalah cara kerja Dude :


• Secara otomatis Dude akan melakukan scan keseluruhan pada jaringannya, termasuk perangkat            yang tergabung dalam jaringan berbasis dengan subnet.• Software ini akan secara otomatis mampu memetakan jaringan komputer.• Apabila terjadi troubleshooting pada jaringan, maka software ini akan secara otomatis memberikan     pesan peringatan.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

6 komentar

komentar
22 Januari 2021 pukul 18.27 delete

Bagus mas, saya terbantu, salam dari smk Fathul ulum, Gabus, Purwodadi, jateng:)

Reply
avatar
22 Januari 2021 pukul 18.27 delete

Bagus mas, saya terbantu, salam dari smk Fathul ulum, Gabus, Purwodadi, jateng:)

Reply
avatar